468x60 Ads


Bagaimana Cara Memilih Robot Terbaik?

Pada prinsipnya semua orang punya cara untuk menentukan robot yang terbaik menurut dia, akan tetapi mungkin anda bisa mempertimbangkan beberapa kriteria robot terbaik menurut saya, sebagai berikut :


1.Robot tersebut harus memiliki Manajemen Resiko
   Manajemen resiko bisa bermacam - macam model dan caranya, Misalnya ;
  • Robot di lengkapi dengan Stop Loss,
  • Robot tidak di lengkapi dengan Stop Loss akan tetapi di Lengkapi dengan Locking, apabila posisi mengalami kerugian, atau
  • Robot tidak di lengkapi dengan Stop Loss juga tidak di lengkapi dengan Locking, akan tetapi robot di lengkapi dengan fitur , Auto Equity Cut, yaitu sebuah fitur robot yang akan membuat robot itu akan melakukan liquidasi posisi baik secara keseluruhan maupun berkala, apabila kondisi Equity mengalami Penurunan sampai dengan batas nilai tertentu.
  • Jika Robot tidak memiliki salah satu 3 fitur di atas, maka saran saya Pakai aja robot itu dalam transaksi demo, jangan real account.


2. Robot harus memiliki Manajemen Profit
    Manajemen Profit bisa bermacam - macam bentuk dan modelnya, antara lain ;
  • Robot di lengkapi dengan fitur Take Profit, atau
  • Robot tidak di lengkapi dengan Take Profit, akan tetapi robot di lengkapi dengan fitur Trailing Stop, yang akan menjaga nilai keuntungan pada nilai tertentu, di saat harga bergerak balik drastis setelah kita mengalami keuntungan., atau
  • Robot tidak di lengkapi dengan Take Profit dan Trailing Stop, akan tetapi robot dilengkapi dengan Auto Equity Profit, yang akan membuat robot akan melakukan close all posisi di saat posisi mengalami peningkatan pada nilai tertentu.
  • Jika robot tidak memiliki minimal salah satu dari ke 3 fitur tersebut di atas, sebaiknya robot di simpan di gudang file anda saja, jangan gunakan trading.


3. Robot harus memiliki Acuan Dasar yang Baik dan Lumayan Akurat.
Acuan dasar bagi robot dalam melakukan aksi masuk Posisi baru, di bedakan menjadi dua, yaitu berpedoman analisa teknikal dan sistem trading ( biasanya hanya menggunakan algoritma, tanpa ada indikator atau analisa teknikal ), Jika menggunakan Indikator, apa yang di pakai?, jika menggunakan sistem trading, sistem apakah itu dan bagaimana cara kerjanya? anda harus tahu itu.


4. Robot di ciptakan oleh programernya pasti memiliki salah satu keunggulan dari dua kebiasaan forex atau index bergerak yaitu, Trending dan Ranging, Robot Jenis apakah robot anda? Trending atau Ranging, Setidaknya anda harus tahu itu, agar anda bisa membantu robot anda di saat dia lagi kalang kabut. Robot trending akan kalang kabut disaat market mengalami sideways atau ngerange atau ranging, begitu pula sebaliknya, robot ranging akan kocar kacir disaat market mengalami trending yang sangat dahsyat.


5. Perbandingan Stop Loss dengan Take Profit,
Jika robot anda adalah tipe scalper yang memiliki perbandingan take profit dan stop loss dengan selisih yang sangat jauh, maka robot itu sangat berbahaya untuk di gunakan, misalnya, robot tersebut di lengkapi dengan tp 10 pips dan stop loss 200pips, robot yang hanya bekerja dengan formasi seperti itu, menurut saya sangat bahaya untuk di gunakan, karena, disaat anda profit 20 kali, dan sekali saja anda cut loss, maka semua profit yang terkumpul dari 20 kali posisi tersebut akan sirna, itu jika sistem trading nya sehebat itu, mampu 20 kali profit baru losss satu kali., kesimpulannya perbandingan antara take profit dan stop loss harus tidak boleh terlalu jauh., walaupun tidak sama, karena kebanyakan robot type scalper biasanya memiliki perbandingan antara TP dan SL yang sangat jauh, bahkan tidak sedikit yang tanpa stop loss, wow . . . .


Itu saja sekilas sumbangan ide dari saya, anda bisa konsultasi dengan orang lain, banyak sekali orang ahli dalam bidang ini, terutama di Luar Negeri.


0 komentar:

Posting Komentar